Pengertian Interior Kapal dan Perbedaannya dengan Interior Bangunan


Pengertian Interior Kapal dan Perbedaannya dengan Interior Bangunan



Pengertian Interior

          Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan kata ' Interior ' , pasti dipikiran kita ketika mendengar kata ' Interior ' langsung membayangkan bentuk ' Ruangan '. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian kata " INTERIOR " dan pengertian "INTERIOR KAPAL" dan perbedaannya dengan interior pada bangunan , rumah, dan lain-lain.

               Kata ' Interior ' memiliki arti bagian dalam gedung , ruangan , bangunan, kapal, pesawat, dan lain sebagainya ; tatanan perabot / furniture yang ada didalam ruangan (hiasan pada ruangan dan sebagainya). Interior juga sering kali diartikan sebagai komponen tambahan/hiasan yang bisa menambah nilai estetika pada ruangan itu sendiri. Interior yang digunakan biasanya berhubungan dengan perabot atau furniture , penataan ruangan dan perabotnya, pemilihan cat / wallpaper yang digunakan pada ruangan , dan lain-lain yang berhubungan dengan bagian dalam ruangan. 

Konsep desain interior adalah dasar pemikiran desainer yang digunakan untuk memecahkan permasalahan atau problematika desain. Secara subjektif, pencarian konsep adalah suatu tahapan proses kegiatan (ekplorasi) intelektual untuk menangkap sesuatu hal dengan panca indra secara objektif. Dapat dikatakan konsep adalah gagasan yang memadukan berbagai unsur dalam suatu kesatuan.
Terdapat beberapa konsep tampilan yang biasanya digunakan dalam penataan desain, diantaranya:
·         Bohemian

Kata Bohemian sebenarnya telah dikenal sejak lama. Awalnya, istilah ini digunakan untuk menggambarkan gaya hidup non-tradisional dari orang-orang yang hidup mengembara atau gelandangan pada pertengahan tahun 1.800-an. Kemudian, istilah ini menjadi identik dengan kata “gipsi”, yaitu istilah yang diterapkan untuk mereka yang meninggalkan Bohemia di Eropa Tengah untuk melarikan diri dari aturan yang kaku. Mereka adalah kaum nomaden yang tidak suka menetap di suatu tempat dalam jangka waktu yang lama. Bohemian cenderung mengacu pada kepribadian yang bebas. Melakukan perjalanan terus menerus merupakan aspek penting dari gaya hidup bohemian.
·         Coastal



Suasana nautical atau yang disebut juga sebagai coastal mengingatkan kita kepada pemandangan tepi pantai yang selalu bisa membangkitkan semangat. Kehidupan pesisir biasanya identik dengan kenyamanan dan santai. Interior dalam gaya ini ingin mencerminkan suasana tersebut. Interior ruangan didesain dengan sederhana dan santai, dilengkapi dengan material dan furnitur yang tidak berlebihan. Gaya nautical adalah gaya yang paling tepat untuk digunakan jika Anda ingin menciptakan mood yang menyenangkan di dalam rumah. Anda juga dapat membuat tampilan ini walaupun rumah Anda berada jauh dari kawasan pantai. Berikut adalah beberapa tips untuk menciptakan gaya nautical atau coastal di rumah anda.

·         Industrial


Gaya arsitektur industrial awalnya merambah desain interior dan arsitektur Eropa akibat banyaknya bangunan bekas pabrik yang tidak lagi digunakan. Agar tidak terbengkalai, maka dilakukan penyesuaian agar gedung-gedung ini bisa dijadikan hunian yang layak dan nyaman. Akan tetapi, walaupun dilakukan beberapa penyesuaian, karakter asli bangunan sengaja tidak dihilangkan.

PENGERTIAN INTERIOR KAPAL
               
              Interior pada kapal tentunya sangat berbeda dengan interior yang ada pada ruangan di gedung, rumah, apartement atau bangunan lainnya. Hal yang berbeda bisa dari bentuk perabotnya, bentuk ruangannya, cara pemasangan perabot pada ruangan, konstruksi dinding, dan lain-lain.Sedikit saya beri penjabaran tentang hal-hal yang berbeda dari Interior Kapal dengan Interior rumah, bangunan, dan lain-lain.

Banyak batasan yang ada dalam mendesain sebuah interior kapal, kapal memiliki batasan yang perlu diperhatikan, yaitu;
1.      Memenuhi segala standar keamanan dalam kapal.
2.      Luasan ruangan yang sangat terbatas sehingga perlu diperhatikannya tata letak furniture dan bentuk furniture itu sendiri sehingga ruangan memiliki luasan yang tetap nyaman.
3.      Peletakan utilitas perkabelan yang rata-rata out bow juga harus disiasati sehingga interior terlihat nyaman
4.      Pola temperatur dalam kapal juga mengalami fluktuasi suhu karena faktor eksternal maupun internal kapal sehingga layouting dan pemilihan material untuk interior desain kapal perlu diperhatikan.

Berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan ketika melakukan kegiatan praktek disekolah untuk mendesain ruangan dengan furniturenya dengan berdasarkan bentuk ruangan pada ' SIMULATOR KAPAL ' yang dimiliki olek SMKN 3 Buduran, jurusan Interior Kapal. Perabot yang dibuat harus mengikuti bentuk gading/lambung kapal pada SIMULATOR KAPAL tersebut, di bawah ini adalah contoh gambar design kamar ABK pada simulator kapal:


                 Gb. Desain Tempat Tidur ABK Untuk Simulator Kapal
Perhatikan antara posisi tempat tidur atas dan bawah. Tempat tidur yang atas terlihat posisinya lebih kedalam daripada tempat tidur yang bawah. Hal ini menunjukkan bahwa bentuk kasur menyesuaikan bentuk gading/lambung pada Simulator Kapal.
Gb. Desain Lemari Untuk Simulator Kapal

        
Bentuk lemari yang digunakan juga sedikit berbeda, bentuk lemari yang menempel pada dinding kapal yang sekaligus gading kapal, bentuknya mengikuti bentuk lambung/gading kapal. Hal ini bertujuan untuk membuat perabot yang dibuat sesuai dengan bentuk dinding dimana perabot itu diletakkan. 
Jadi, dapat disimpulkan bahwa bila ruangan pada kapal berada tepat di posisi gading/lambung kapal itu sendiri, semua perabot dibuat mengikuti bentuk gading/lambung kapal ketika meletakkan perabot tersebut. Hal ini bisa tidak terjadi, bila pada bagian sebelum lengkungan lambung tersebut diberi sekat sebagai pembatas. Sehingga dinding kapal tidak mengikuti bentuk lambung melainkan sekat itu sendiri. Saat membuat perabot sekaligus meletakkan perabot hanya mengikuti bentuk dinding yang dibuat dari sekat tersebut.



Sekian materi yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, dan terima kasih 



Komentar

  1. apa perbedaannya interior dan eksterior menurut anda??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk Kata ' Interior ' memiliki arti bagian dalam gedung , ruangan , bangunan, kapal, pesawat, dan lain sebagainya ; tatanan perabot / furniture yang ada didalam ruangan (hiasan pada ruangan dan sebagainya).

      sedangkan sepengetahuan saya (eksterior) adalah bagian pertama yang akan dilihat oleh orang. Decak kagum atau rasa kasihan pertama muncul dari bagian luar ini.

      Terima kasih kak sudah bertanya :)

      Hapus
  2. kira kira berapa perbandingan lamanya waktu pembuatan perabot pada kapal dan bangunan rumah (Contohnya lemari dan tempat tidur)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk kategori waktu pembuatan bisa di bilang sama namun pada kapal bisa juga lebih lama karena untuk perabot kapal kita juga perlu menyesusaikan bentuk lambung pada ruangan tersebut....

      Terimakasih sudah bertanya...

      Hapus
    2. kira kira berapa jam / hari ya gan pembuatan perabotnya?

      Hapus
    3. kalau seumpama membuat perabot dirumah 2-3 hari mungkin di kapal bisa 4-6 hari ini mungkin ya gan ...

      Hapus
    4. ok terimakasih gan atas pengetahuannya :)

      Hapus
    5. sama sama kak , terimakasih sudah berkunjung...

      Hapus
  3. Balasan
    1. terimakasih kak, belajar interior itu enak loh kak , semangat belajar ........

      Hapus
  4. Kurang spesifik, pembaca masih sulit memahaminya

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik terimakasih masukannya akan saya perbaiki

      terimakasih sudah mampir

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembuatan Animasi Menggunakan Sketchup

Pekerjaan Interior Kapal