Penerapan Zen Pada Alur Laci Simulator ruang ABK




Assalamualaikum Wr.Wb.


        Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa itu "zen".Dalam bahasa JEPANG arti zen sendiri yang sebenarnya adalah:

 善は急げ

Dibaca: “Zen wa isoge”
Arti harfiah: Bergegaslah untuk hal yang baik
Makna: Jika terpikirkan hal yang baik, maka jangan ragu dan segeralah mengerjakannya sebelum berubah pikiran.

                Sedikit bercerita tentang asal apa itu zen. Ajaran Zen adalah ajaran yang berkembang luas di Jepang, meskipun sebenarnya Zen berasal dari Cina. dalam perkembangannya di Jepang, ajaran Zen banyak mempengaruhi pola hidup orang Jepang, termasuk budaya mereka.
                Metode yang digunakan oleh bangsawan Dogen dalam menerapkan ajaran Zen di Jepang sangatlah tegas. Metode yang digunakan berdasarkan prinsip Zen secara bahasa berarti duduk dan meditasi adalah duduk bersila dengan tujuan menghilangkan rasa marah,kesal, dan ego dengan jalan mengosongkan dan menata kembali pikiran.
Ajaran ini mengajarkan bahwa seseorang harus menemukan pengertian tentang kehidupan meski dapat diungkapkan dengan kata-kata.
Dan apa hubungannya dengan materi interior pada pembuatan ruang ABK Simulator? atau bahkan kehidupan sehari-hari? hubungannya terletak pada kalimat "Bergegaslah untuk hal yang baik", dari kalimat tersebut saya memahami bahwa Berubah untuk hal baik itu perlu dilakukan dan itu dimulai dari diri sendiri. dan hubungannya untuk ruang simulator adalah ketika kita dituntut untuk melakukan sebuah improvisasi atau perubahan terhadap gambar desain yang sudah ada . 

Kemudian saya membuat sebuah perubahan yang kreatif dan memudahkan untuk beraktivitas dan komponen yang saya akan rubah adalah alur pintu laci . Kenapa saya ingin melakukan perubahan ? karena pada praktek yang sudah saya buat ini ada sedikit kendala saat menggunakan alur dari kayu , yaitu pintu laci susah di buka, maka dari itu saya akan memberi rel aluminum agar mudah di buka.



       Pada gambar diatas ialah penerapan yang sudah saya praktikan, menggunakan kayu sebagai alurnya, namun susah di buka.

Saya berencana merubahnya menggunakan rel aluminium.
Untuk Cara pemasangannya :
1. Sesuaikan lebar alur dengan rel aluminium
2. Potong rel aluminium sesuai panjang alur kayu untuk laci
3. lalu lem rel aluminium menggunakan lem fox , tunggu hingga kering sentuh
4. Kemudian setelah kering sentuh tempel rel aluminium pada alur kayu
5. Untuk bagian radius tak perlu di berikan rel aluminum cukup menggunakan alur kayu. 


Komentar

  1. apakah bisa jika lemnya tidak menggunakan lem fox?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya tidak bisa karena lem fox sendiri bisa menempel pada aluminium dengan pas , jika seumpama menggunakan lem rajawali pasti rel aluminiumnya yang tidak bisa menempel.
      Terimakasi telah bertanya...

      Hapus
  2. Jika bagian radiusnya tidak diberi aluminium,bukankah sama saja susah digerakkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin saja iya , namun sesuai penerapan saya akan lancar karena bagian yang masuk menggunakan alur aluminium. maaf jika jawaban saya kurang masuk , karena saya disini juga sebagai teori jadi belum melaksanakannya.

      Hapus
    2. menurut saya sih bisa, dengan cara bagian samping aluminium di potong sedikit guna untuk meradiuskan aluminium tersebut.

      Hapus
  3. Balasan
    1. untuk panjang rel sesuai panjang alur kayu tersebut

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Interior Kapal dan Perbedaannya dengan Interior Bangunan

Pembuatan Animasi Menggunakan Sketchup

Pekerjaan Interior Kapal